KATA PENGHANTAR
Puji syukur kehadirat allah swt karena
atas berkat dan karunia-Nya , sehinggah penulis dapat menyelesaikan Laporan Pratik Kerja Industri ini pada
waktunya yang mana laporan ini di buat untuk mengetahui kemampuan penulis
(siswa) setelah mengikuti Pratik Kerja Industri selama kurang lebih 3 bulan
dimulai tanggal 1 juli s/d 31 september 2016.
Dalam penyusunan laporan ini kami sebagai
penulis menyadari bahwa kami banyak menerima bantuan dari berbagai pihak, maka
dari itu penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1.
Tuhan
YME , serta kedua orang tua yang telah memberikan dukungan moral, materil,
sipirtual.
2.
Dra.
Hj. Geni wilyarti selaku kepala sekolah SMKN 1 Pekanbaru
3.
Riski
ayu S.Pd selaku wali kelas XII Usaha
Perjalanan Wisata
4.
Helen
rusmawati S.Pd selaku pembimbing dari sekolah SMKN 1 Pekanbaru
5.
Supemi
selaku pembimbing dari instansi / DUDI
6.
Keluarga
besar PT. Kembang Wisata tour & travel, serta bantuan dan dorongan dari
teman-teman.
Kami sebagai penulis
tentunya menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, maka dari
itu penulis berharap kritik & saran dari pihak yang mana bertujuan menjadi pelengkap laporan ini, semoga adanya
laporan ini bermanfaat dan membuat para pembaca lebih terpacu untuk lebih
mengembangkan potensi diri.
Pekanbaru, 22
Agustus 2016
Penulis
Chyntia
juliani nasution
DAFTAR ISI
Lembar pengesahan………………………………………………………………………… I
Kata Pengantar………………………………………………………………………………II
Daftar Isi……………………………………………………………………………………..III
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar
belakang……………………………………………………………... 1
1.2
Tujuan
PKL……………………………………………………………….. 2
1.3
Manfaat
PKL………………………………………………………………. 3
BAB
II ORGANISASI TEMPAT PKL
2.1 Sejarah Organisasi…………………………………………………………... 4
2.2 Struktur
Organisasi………………………………………………………….. 5
BAB III RUANG LINGKUP KEGIATAN PKL (
meliputi jenis pekerjaan yang di lakukan / kompetensi yang di praktikan selama
melakasanakan PKL )
A.
Aktivitas
khusus pratik kerja industri………………………………………… 6
B.
Melakukan
reservasi tiket & issued ……………………………………………………
7
·
Garuda
Indonesia
·
Lion
air
·
Batik
air
·
Citilink
·
sriwijaya
C.
Menerima
telepon / menelepon costumer……………………………………… 8
D.
Membuat
invoice………………………………………………………………..
9
E.
Merevisi
itinerary / paket tour …………………………………........................ 10
F.
Membuat
laporan dokumen surat, keuangan…………………………………… 11
G.
Melakukan
transfer –in/out tamu………………………………………………….
12
BAB
IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan…………………………………………………………………………… 13
4.2 Saran………………………………………………………………………………….. 14
LAMPIRAN- LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
1. 1 LATAR
BELAKANG
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan bahwa lulusan SMK di harapkan menjadi siswa yang siap di pakai
masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah di tetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa di haruskan mengikuti
& melaksanakan PRAKERIN antara lain : Ketentuan Kurikulum SMK, Pelaksanaan pendidikan & pelatihan
berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, Visi & Misi SMK. Program
pendidikan ganda sangat di butuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa
sepeti tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMK yaitu pelaksanaan
pendidikan & pelatihan terutama
bertujuan untuk membekali siswa mengembangkan kepribadian, potensi akademik,dan
dasar-dasar keahlian yang kuat dan benar melalui program adaktif, normatif, dan
produktif.
Dan pendidikan & pelatihan di dunia
kerja bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar siswa
menguasai kompetensi keahlian produktif
, menginternalisasikan sikap nilai budaya yang berorietansi kepada standar
mutu, nilai-nilai ekonomi, jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang
kristis, produktif, kompetitif sehingga mampu bersaing dalam penjualan jasa di
bidang perjalanan wisata yaitu pelayanan ticketing, program wisata (Tour),
penyedian penginapan ( Voucher Hotel ), atau transportasi dll.
Penulis berharap selesai nantinya
menambah ketrampilan, pengetahuan, dan pengalaman kerja langsung di dalam dunia
kerja yang tentunya berbeda dngan teori-teori yang di dapatkan di Sekolah
Menengah kejuruan .
1.2 TUJUAN
PKL
Pratek kerja industri pada
dasarnya mempunyai tujuan untuk siswa
yang melakukan PRAKERIN tersebut,
berikut tujuan dari prakerin :
·
Memberikan kesempatan bagi siswa agar mampu beradaptasi
dengan lingkungan kerja
·
Meningkatkan
& memperluas proses penyerapan di bidang pariwisata khususnya bidang
perjalanan wisata / tour & travel.
·
Menumbuhkan
& memntapkan sikap professional yang
di perlukan siswa sebelum memasuki dunia kerja
·
Melatih
mental,di siplin, & tanggung
jawab sebagai bekal saat memasuki
dan terlibat dalam industri
1.3 MANFAAT PKL
Manfaat yang di peroleh dari hasil data pratik kerja
industri di tuangkan dalam bentuk
laporan yaitu
·
Mendapatkan
pengalaman & pengenalan duniakerja kepada siswa agar mampu membandingkan
antara teori yang di peroleh di sekolah dengan kenyataan yang sebenarnya
ada di lapangan .
·
Menetapkan
diri secara mendalam atas profesi yang di inginkan setelah menyelesaikan study
nya nanti.
BAB
II
ORGANISASI TEMPAT
PKL
2.1 A.
SEJARAH ORGANISASI
PT
Nur Kembang Abadi atau Kembang Wisata Tour & Travel,
adalah sebuah perusahaan
yang bergerak di bidang usaha Biro Perjalanan
Wisata,
Perusahaan ini
memulai usahanya pada tahun 2009. (berdasarkan Akte Notaris No. 30) dengan
jenis usaha biro jasa perjalanan wisata. Sebagai sebuah perusahaan yang
bergerak di bidang usaha jasa perjalanan wisata, PT. Nur Kembang Abadi
menyediakan berbagai layanan jasa, diantaranya adalah Paket Tour, Voucher
Hotel, Tiket Penerbangan, Pengadaan Transportasi.
B. Visi PT. Nur Kembang Abadi / Kembang Wisata
Visi merupakan suatu harapan perusahaan
akan keadaan yang ingin diwujudkan pada masa yang akan datang, yang digunakan
sebagai pedoman untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, serta sebagai
landasan untuk mencapai tujuan perusahaan dan perumusan strategi yang akan
ditetapkan.. Adapun visi dari kembang wisata tour & travel adalah
“Menjadi perusahaan tour dan travel yang dikenal luas oleh konsumen dengan
pelayanan bermutu tinggi yang mengutamakan kepuasan pelayanan terhadap
konsumen, memiliki daya saing tinggi, dan mampu menyesuaikan dengan perubahan
kebutuhan pasar”. Dengan motto “Kepuasan Anda adalah yang utama bagi kami”,
Kembang wisata Tour & Travel berupaya membuat konsumen untuk mendapatkan
kepuasan dari pelayanan yang diberikan.
C. Misi Kembang Wisata Tour & Travel
Misi merupakan landasan mendasar yang
membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain yang sejenis dan dijadikan dasar dalam
melakukan aktivitas perusahaan. Adapun misi dari PT.Kembang Wisata Tour & Travel adalah:
- Menyediakan fasilitas serta memberikan pelayanan tour sesuai dengan kebutuhan konsumen.
- Melakukan pengembangan usaha dan pemberdayaan sumber daya manusia yang ada untuk memberikan kontribusi yang positif bagi kesejahteraan bersama.
- Merespon selera atau kebutuhan konsumen.
- Meningkatkan nilai mutu pelayanan terhadap konsumen.
- Meningkatkan produktivitas serta kualitas pegawai melalui pemberdayaan sumber daya manusia secara optimal yang mengarah pada kepuasan konsumen.
D. Tujuan Kembang Wisata Tour &
Travel
Kembang Wisata Tour & Travel berdiri sebagai
Biro Perjalanan Wisata mempunyai tujuan yang ingin di capai selain memperoleh
laba, Kembang Wisata mempunyai tujuan. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah :
- Mengutamakan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama.
- Mengutamakan volume penjualan dibandingkan profit perunit.
- Menciptakan rute-rute perjalanan wisata yang dapat di jangkau biayanya oleh pelanggan.
- Menciptakan lingkungan kantor yang baik
E. PELAYANAN PT.KEMBANG WISATA
Pelayanan
yang di berikan dari pihak PT.KEMBANG
WISATA TOUR & TRAVEL kepada konsumen adalah :
1.
System
reservasi secara online pada setiap airlines
2.
System
pembayaran yang dapat di lakukan secara tunai ( CASH ), kredit ( CC ), debit (
DB )
3.
Pemesanan
tiket yang cepat dan dapat di antar
4.
Ruang
pelayanan yang cukup luas dan nyaman
5.
Melayani
pemesanan tiket domestic & internasional , penjualan voucher hotel,
pembuatan paket tour .
F . LOKASI, JAM KERJA, DAN CARA
UNTUK MENGHUBUNGI PT. KEMBANG WISATA
a) PT.Kembang Wisata berlokasi di
JL. Lumba-Lumba No 18 B Tangkerang
Selatan – Pekanbaru
b)
Cara
menghubungi PT.Kembang Wisata :
·
Telp
: (0761)41533 / fax : (0761)41534
·
HP
: 085364018323
c) Jam kerja di PT. Kembang Wisata berlangsung
selama 10 jam
·
Masuk
jam kerja 08.00 WIB
·
Jam
pulang kerja 17.00 WIB
2.2 STRUKTUR
ORGANISASI PERUSAHAAN
![]() |
bloggerjoness.blogspot.com |
Struktur
Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi
yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan
operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi menggambarkan dengan
jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi
dibatasi.
Gambar 2.1 Struktur Organisasi
1. Supemi sebagai Komisaris di PT. Kembang Wisaata Tour &
Travel bertanggung jawab sebagai berikut :
·
Mengendalikan seluruh
kegiatan perusahaan dalam mengembangkan
perusahaan.
·
Mengadakan pembinaan, pelaksanaan kegiatan perusahaan
·
Memberikan nasihat kepada direktur
·
Mengadakan & memelihara
administrasi perusahaan dan pengawasa pembuatan laporan tahunan untuk di ajukan
pada rapat umum pemegang saham.
2. Feby Gian Trisula
sebagai Direktur di PT. Kembang Wisata Tour & Travel sebagai berikut :
·
Memimpin perusahaan dengan menerbitkan kebijakan-kebijkan
perusahaan
·
Memilih, menetapkan , mengawasi tugas karyawan
·
Menyetujui anggaran tahunan perusahaan
·
Menyampaikan laporan kepda pemegang saham atas kinerja perusahaan
3. Ainul maghrifah
sebagai Staf ticketing di PT. Kembang
Wisata Tour & Travel sebagai berikut :
·
Memberikan informasi secara lengkap tentang apa yang di butuhkan
oleh costumers seperti jadwal penerbangan, harga tiket, jenis pesawat,dll
·
Meyakini pelanggan terhadap produk / jasa yang di tawarkan
·
Memberikan kepuasan pelayanan maupun produk terhadap pelanggan
·
Melayani dengan sebaik mungki8n segala jenis kebutuhan perjalanan
sehingga membuat pelanggan akan datang kembali.
4. Dewi siska sebagai accounting di PT. Kembang Wisata Tour &
Travel tugasnya sebagai berikut:
·
Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan
·
Menyusun dan membuat laporan perpajakan,dan keuangan,anggaran
pengeluaran perusahaan secara
periodik (bulanan/tahunan)
·
Membuat surat yang berehubungan dengan perbankan & kemampuan
keuangan perusahaan.
5. tour deparment masih di bawah penanganan supemi
6. operasional bandara oleh pihak berbagai macam maskapai
7.operasional lapangan penangan oleh pihak bandara
8. Taufiq sebagai tour
guide di PT. Kembang Wisata Tour & Travel tugasnya sebagai berikut :
·
Memberikan informasi tentang daerah, sejarah objek wisata
·
Mengatur agar perjalanan wisata dapat berlangsung dengan lancar
·
Menjelaskan informasi destinasi wisata dengan menyenangkan, ramah,
smart dll
BAB III
RUANG LINGKUP KEGIATAN PKL (
meliputi jenis pekerjaan yang dilakukan / kompetensi yang di praktikan selama
melaksanakan pkl )
A.
Aktivitas khusus praktik kerja industri
Pada awal pelaksanaan pratik
kerja industry penulis di tempatkan di bagian ticketing, siswa yang di
tempatkan di bagian ticketing di berikan kesempatan untuk lebih mengenal
tentang tata cara melakukan reservasi tiket yang tentunya berbeda masing-masing
pada setiap airlines, setelah beberapa hari siswa di ajarkan untuk mengissued
tiket melalui komputer, sengan seirinng berjalananya waktu siswa pun sudah
dapat membantu reservasi tiket domestic & inernasional baik secara langsung
maupun via telepon.
B.
Melakukan reservasi tiket & issued tiket
PT. KEMBANG WISATA TOUR & TRAVEL telah online pada sebagian besar
Airlines, sehinggah mempermudahkan melakukan reservasi / booking tiket, tinggal
memasukan kode entry setiap airlines pada komputer, seperti : mengecek tanggal,
rute penerbangan, menarik seat, memasukan nama penumpang, nomor telepon travel
& penumpang, memasukan received from, mengecek time limit, setelah itu
munculah kode booking, dengan kode ini kita bisa mengecek / search reservasi
setiap saat. Setelah tiket di statuskan noke , maka tiket akan di issued melalu
elektrik ( elektronik tiket )
·
Lion air
Cara
booking :
ü
Klik
create booking / pesan tiket
ü
Isi
rute,tanggal,dan jumlah pax(pilih jenis perjalanan oneway/return)klik search
ü
Pilih
kelas pada jam terbang yang diinginkan
ü
Pada
kolom travel insurance, centang no,thank
you.kecuali penumpang meminta asuransi perjalanan,klik continue
ü
Isi
data penumpang
§
Pada
kolom nama yang diisi hanya nama & title (Mr/mrs/miss/ms/dr),yang lain di
kosongkan
§
Pada
kolom contact detail,nama yang di cantumkan adalah nama penumpang
§
Isi
nomoe telepon kantor pada kolom origin phone no
§
Isi
no telepon yang memesan pada kolom mobile phne no
§
Email
biasanya akan terisi otomatis sesuai office
§
Klik
continue,jika berhasil maka akan muncul bookingan yang perlu dibacakan antara
lain: kode booking, time limit,nama peumpang,jenis pesawat,rute, tanggal,waktu
berangkat,waktu tiba,kelas,dan harga.
Mencari bookingan
Jika kita ingin mencari hasil bookingan
yang telah di buat , kita bisa mencarinya dengan menggunakan kode PNR
(passenger name record ) atau biasa di sebut kode booking,langkahnya
ü
Klik
passenger search pada menu utama
ü
Masukan
kode PNR
ü
Jika
sudah ketemu, klik select. Maka akan tampilkan data-data mengenai bookingan.
Cara issued tiket
Lamgkah-langkah untuk mencetak
tiket antara lain:
ü
Klik
manage bookingan pada menu utama
ü
Masukan
kode PNR,klik retrieve
ü
Jika
sudah muncul, klik nomor tiket ,kemudian tab baru akan terbuka secara otomatis
dengan tampilan tiket yang siap di cetak
ü
Tekan
ctrl+p pada keyboard klik print
·
Garuda Indonesia,batik
air,sriwijaya,citilink
Untuk garuda dan batik air caranya
sama dengan lion air, sedangkan untuk citilink,sriwijaya proses reservasinya
lumayan berbeda,dan tampilanya juga beda
C.
Menerima telepon
Dalam keadaan apapun kita harus senantiasa
ramah dalam menjawab telepon , menerima telepon sudah menjadi kebijakan pada
setiap perusahaan, diangkat pada deringan pertama atau kedua dan terlebih
dahulu mengucapkan nama perusahaan, salam , dan langsung menawarkan bantuan.
D.
Membuat invoice
Invoice atau nota di buat saat transaksi
pembayaran tiket sebagai suatu tanda bukti, dalam memberikan diskon tergantung
dari kebijakan perusahaan yang terpenting tidak boleh melebihi harga tiket yang
di berikan oleh PT. KEMBANG WISATA TOUR
& TRAVEL, untuk saat ini travel masihy menggunakan invoice manual.
E.
Merivisi itinerary / paket tour
PT. KEMBANG WISATA TOUR & TRAVEL hanya membuat paket tour sesuai
permintaan pelanggan, begitu juga pembuatan itinerary, saya sebagai penulis di
tugaskan merivisi itinerary sesuai permintaan yang mencakup tempat wisata,
hotel, restaurant, dan transportasi dll.
E.
Membuat laporan dokumen surat / keuangan
Selain merivisi itinerary terkadang penulis juga di tugaskan membuat
surat perjajian antara pihak travel dan pelanggan agar jika terjadi
kesalahpahaman bisa di selesaikan secara hokum/ kekeluargaa, selain itu penulis
juga membuat laporan biaya pengeluaran setelah melaksanakan tour.
F.
Melakukan transfer –in/out tamu
PT.
KEMBANG WISATA TOUR & TRAVEL tidak begitu sering melakukan transfer-in
/ transfer out. Pihak travel hanya melakukan transfer –in/out jika sesuai
permintaan tamu, pada awal agustus kami melakukan transfer out dari rombongan
Siak menuju sultan syarif qasim II untuk keberangkatan ke bandung (tour bandung
)
BAB IV
PENUTUP
4.1
KESIMPULAN
Setelah pelaksanaan prakerin yang
bertempat di PT. KEMBANG WISATA TOUR
& TRAVEL, penulis dapat membandingkan materi yang di peroleh di sekolah
maupun dari industri pada dasarnya di sekolah ataupun industry mempunyai
persamaan dan perbedaan, perbedaan yang di miliki terrletak pada penyesuaian
suasana terutama pada saat proses reservasi & menghandle penumpang di
tempat industri. Dengan prakerin ini siswa di latih untuk mandiri dalam bekerja
serta menjadi seseorang yang prefoseional terutama dalam hal pemberian
pelayanan terhadap pelanggan, sehingga pengalaman ini dapat penulis jadikan
sebagai panutan untuk masa yang akan datang. Kami selaku siswa magang prakerin
merasa sangat membutuhkan hal ini layaknya kami membutuhkan udara untuk
bernafas, karena sebuah laporan tidak cukup, tetapi akan selalu di ingat dan di
pelajari oleh semua siswa, semoga apa yang di tertulis tidaklah hanya menjadi
sebuah tulisan.
4.2. SARAN- SARAN
Untuk meningkatkan mutu pelayanan pada PT. KEMBANG WISATA TOUR & TRAVEL,
maka kami sebagai siswa magang sekaligus penulis sangat ingin melihat adanya
suatu perkembangan pada perusahaan tersebut
baik secara teknisi maupun secara
operasional. Tidak ada kata yang dapat kami ucapkan selain terima kasih dan
bangga kepada PT. KEMBANG WISATA TOUR
& TRAVEL, maka kami mengajukan beberapa saran yang mudah-mudahan dapat
menjadi sarana perubahan menuju hal yang lebih baik sebagai berikut :
·
Hubungan
kerja sama antar karyawan serta kedisplinan yang selama ini di lakukan perlu di
pertahankan kalau perlu terus di tingkatkan untuk menjaga dan sekaligus
meningkatkan kualitas kerja
·
Dalam
mengahdapi konsumen sebaiknya karyawan lebih ramah & memberikan senyuman
karena keduanya merupakan salah satu daya tarik bagi konsumen dan merupakan
kesan tersendiri yang di rasakan oleh penumpang.
·
Memperluas
ruang lingkup kerja agar lebioh leluasa dan nyaman untuk bergerak dan bekerja.
4.3
FOTO- FOTO SAAT MELAKUKAN AKTIVITAS DI TRAVEL
a)
Saat
proses reservasi tiket/booking tiket
bloggerjoness.blogspot.com |
.
Komentar